Mlente Banget

Instalasi Magento Commerce

Posted on: June 1, 2008


Langkah demi langkah instalasi magento pada komputer anda/localhost

1. Untuk localhost server, saya menggunakan XAMPP

2. Tambahkan beberapa extensi kedalam php.ini pada direktori \apache\bin

extension=php_pdo.dll
extension=php_pdo_mysql.dll
extension=php_curl.dll
extension=php_mcrypt.dll

3. Download Magento Commerce

magento-1.0.19870.1.zip

4. Ekstrak magento-1.0.19870.1.zip ke dalam folder root webserver anda, saya menggunakan default nama folder yang diberikan yaitu magento

5. Masuk ke dalam browser pilihan anda ( Firefox, IE, etc ) dan ketik localhost/magento dan anda akan dihadapkan pada tampilan menu instalasi, dan ikuti langkah demi langkah yang diminta oleh proses instalasi

6. Langkah pengisian database :

Host : isi dengan localhost
Database Name : isi dengan nama database yang telah anda buat melalui phpmyadmin ( localhost/phpmyadmin )
Username : ini adalah username mysql anda
Password : ini adalah password mysql anda

Setelah step ini biasanya anda akan mendapatkan pesan error seperti gambar dibawah ini :

gambar error

Apabila error tersebut muncul, berikut ini pemecahan masalahnya :

1. Edit : app/code/core/Mage/Install/Model/Installer/Config.php pada magento anda, pada line 139 config.php, anda akan menemukan :

$client = new Varien_Http_Client($url.$prefix);
ganti dengan :
$client = new Varien_Http_Client($url.’index.php/’.$prefix);
2. Edit : lib/Zend/Http/Response.php pada magenti anda, temukan :
while (trim($body)) {
if (! preg_match(“/^([\da-fA-F]+)[^\r\n]*\r\n/sm”, $body, $m)) {
#require_once ‘Zend/Http/Exception.php’;
throw new Zend_Http_Exception(“Error parsing body – doesn’t seem to be a chunked message”);
}
ganti dengan :
while (preg_match(“/^([\da-fA-F]+)[^\r\n]*\r\n/sm”, trim($body), $m)) {
Jika kedua langkah itu telah dilakukan dengan benar, maka anda akan melanjutkan ke langkah berikutnya
7. Selanjutnya anda diminta untuk membuat akun administrasi magento anda, perhatikan pada bagian “Encription Key”, ini adalah kunci enskripsi yang memuat data-data penting yang ada didalam bagian administrasi magento anda, ini berfungsi seperti password untuk membuka data-data tersebut

8. Instalasi Berhasil, dan anda akan diberikan pilihan untuk melanjutkan ke admin area dan tampilan depan magento anda

9. Selamat Mencoba

14 Responses to "Instalasi Magento Commerce"

hallo mas,

aku udah ikutin semua arahan di tutorial ini tapi kok masih nda berhasil melaju ke langkah berikutnya ya, malah ada pesan eror seperti ini :

Parse error: syntax error, unexpected ‘^’ in C:\xampp\htdocs\magento\lib\Zend\Http\Response.php on line 555

coba tulis manual perubahannya, biasanya jika copy paste ada bbrp karakter yang muncul dan mengganggu

bosss kren tutorialnya, jd pengen coba, utk adv google nya support nga skalian caranya y,
sukses y broo

sip silahkan mencoba bos

Mas Mlente,

Bisa bantu install di server hosting saya ?
Biaya jasa-nya nanti kita runding.

Yreh.

semua langkah aku ikutin, begitu dieksuki pake mozilla.. keluar pesan begini :

Fatal error: Method Varien_Object::__tostring() cannot take arguments in C:\xampp\htdocs\lib\Varien\Object.php on line 488

gimana nih mas mlente ? tks befor

Numpang kasih info bwt ekal
Pake XAMPP yg versi 1.7.1, error itu krn pake XAMPP 1.7.2 atau 1.7.3.
Semoga berhasil

kk, saya coba download magento kok ga bisa ya??
zip nya ga bisa dibuka..
tlsannya the archive is either in unknown format or damaged..
mohon bantuannya kk..

gpp kok, nanti coba deh klik kanan di archive nya, terus pokoknya ad kata” pke bahasa inggris (lupa lagi) perbaiki zipnya,, nanti stelah di perbaiki sudah bisa lagi. itu jga maslaah saya waktu kemarin-kemarin..

semoga bermanfaat..😀

EOS Web has extensive expertise in magento commerce websites.
They have many modules for FREE in your web site http://magentocommerce.eoswebdevelopment.com/en/
Take a few minutes and look at this page.

Enjoy !

EOS Web has extensive expertise in magento commerce websites.
They have many modules for FREE in your web site http://www.eoswebdevelopment.com/magentocommerce/en/
Take a few minutes and look at this page.

Enjoy !

php.ini itu gmna?

thanks. udh berhasil. nice tutorial

mas, cara tambah extension gimana ???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

About Me

Unknown unordinary creature
 






June 2008
M T W T F S S
« May   Aug »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Blog Stats

  • 132,030 hits

Your Information

Tracker

%d bloggers like this: