Mlente Banget

Archive for May 2008


Akhirnya rumah sakit yang lama terbengkalai sejak kepindahan rumah sakit umum purwokerto pada tahun 1995 difungsikan lagi, walau memang semua bangunan lama era jaman belanda diratakan dengan tanah semua. Namanya cukup asing bagi kita warga sekitar yang notabene warga pribumi yang kurang mengenal istilah-istilah asing apalagi istilah kedokteran, Rumah Sakit Geriatri dan Paviliun Abiyasa, Rumah sakit khusus lansia.

Lalu geriatri itu apa ? Iseng-iseng di google cari arti geriatri 😀 kurang lebih artinya sebagai berikut : Geriatri adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari masalah kesehatan pada lansia yang menyangkut aspek promotof, preventif, kuratif dan rehabilitatif serta psikososial yang menyertai kehidupan lansia.

Jumat kemarin rumah sakit ini sudah resmi dibuka, peresmian oleh Gubernur Jateng Mr. Ali Mufiz :D, dan acara sabtu ini adalah pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang oleh Ki Dalang Sugino Siswo Carito dari notog banyumas.

Semoga anak istri mau diajak nginep di rumah belkit 😀 biar bisa nonton wayang 😀

Advertisements

Suluk Wujil Pesan Kanjeng Sunan Bonang :

1
Inilah ceritera si Wujil, Berkata pada guru yang diabdinya Ratu Wahdat, Ratu Wahdat nama gurunya
Bersujud ia ditelapak kaki Syekh Agung Yang tinggal di desa Bonang. Ia minta maaf Ingin tahu hakikat Dan seluk beluk ajaran agama Sampai rahasia terdalam
2
Sepuluh tahun lamanya sudah Wujil berguru kepada Sang Wali, namun belum mendapat ajaran utama.
Ia berasal dari Majapahit bekerja sebagai abdi raja. Sastra Arab telah ia pelajari ia menyembah di depan gurunya kemudian berkata seraya menghormat minta maaf
3
“Dengan tulus saya mohon di telapak kaki tuan Guru, Mati hidup hamba serahkan, Sastra Arab telah tuan ajarkan Dan saya telah menguasainya Namun tetap saja saya bingung Mengembara kesana-kemari
Read the rest of this entry »

Wali Sanga

Posted on: May 16, 2008


Asal muasal walisongo

“Walisongo” berarti sembilan orang wali. Mereka adalah Maulana Malik Ibrahim,Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Dradjad, Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, Sunan Muria, serta Sunan Gunung Jati. Mereka tidak hidup pada saat yang persis bersamaan. Namun satu sama lain mempunyai keterkaitan erat, bila tidak dalam ikatan darah juga dalam hubungan guru-murid.

Syaikh Maulana Malik Ibrahim yang tertua. Sunan Ampel anak Maulana Malik Ibrahim. Sunan Giri adalah keponakan Maulana Malik Ibrahim yang berarti juga sepupu Sunan Ampel. Sunan Bonang dan Sunan Drajad adalah anak Sunan Ampel. Sunan Kalijaga merupakan sahabat sekaligus murid Sunan Bonang. Sunan Muria anak Sunan Kalijaga. Sunan Kudus murid Sunan Kalijaga. Sunan Gunung Jati adalah sahabat para Sunan lain, kecuali Maulana Malik Ibrahim yang lebih dahulu meninggal.

Mereka tinggal di pantai utara Jawa dari awal abad 15 hingga pertengahan abad 16, di tiga wilayah penting. Yakni Surabaya-Gresik-Lamongan di Jawa Timur, Demak-Kudus-Muria di Jawa Tengah, serta Cirebon di Jawa Barat. Mereka adalah para intelektual yang menjadi pembaharu masyarakat pada masanya. Mereka mengenalkan berbagai bentuk peradaban baru: mulai dari kesehatan, bercocok tanam, niaga, kebudayaan dan kesenian, kemasyarakatan hingga pemerintahan.

Pesantren Ampel Denta dan Giri adalah dua institusi pendidikan paling penting di masa itu. Dari Giri, peradaban Islam berkembang ke seluruh wilayah timur Nusantara. Sunan Giri dan Sunan Gunung Jati bukan hanya ulama, namun juga pemimpin pemerintahan. Sunan Giri, Bonang, Kalijaga, dan Kudus adalah kreator karya seni yang pengaruhnya masih terasa hingga sekarang. Sedangkan Sunan Muria adalah pendamping sejati kaum jelata.

Era Walisongo adalah era berakhirnya dominasi Hindu-Budha dalam budaya Nusantara untuk digantikan dengan kebudayaan Islam. Mereka adalah simbol penyebaran Islam di Indonesia. Khususnya di Jawa. Tentu banyak tokoh lain yang juga berperan. Namun peranan mereka yang sangat besar dalam mendirikan Kerajaan Islam di Jawa, juga pengaruhnya terhadap kebudayaan masyarakat secara luas serta dakwah secara langsung, membuat “sembilan wali” ini lebih banyak disebut dibanding yang lain.

Masing-masing tokoh tersebut mempunyai peran yang unik dalam penyebaran Islam. Mulai dari Maulana Malik Ibrahim yang menempatkan diri sebagai “tabib” bagi Kerajaan Hindu Majapahit; Sunan Giri yang disebut para kolonialis sebagai “paus dari Timur” hingga Sunan Kalijaga yang mencipta karya kesenian dengan menggunakan nuansa yang dapat dipahami masyarakat Jawa -yakni nuansa Hindu dan Budha
Read the rest of this entry »


Iseng-iseng googling sambil membuang rasa bosan, dan wow, ternyata sudah ada website yang berisi Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) .

Kamus Besar Bahasa Indonesia yang dikenal dengan sebutan KBBI terbit pertama 28 Oktober 1988 saat Pembukaan Kongres V Bahasa Indonesia. Sejak itu kamus tersebut telah menjadi sumber rujukan yang dipercaya baik di kalangan pengguna di dalam maupun di luar negeri. Setiap ada permasalahan tentang kata, KBBI selalu dianggap sebagai jalan keluar penyelesaiannya. Selain muatan isi, KBBI memang disusun tidak sekadar sebagai sumber rujukan, tetapi menjadi sumber penggalian ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta peradaban Indonesia. Oleh karena itu, rujukan tersebut kemudian semakin mengakar di dalam kehidupan berbahasa Indonesia walaupun upaya penyempurnaan isi tidak selamanya mengimbangi perkembangan kosakata bahasa Indonesia.


DARMOGANDUL

Carita adege nagara Islam ing Demak bedhahe nagara Majapahit kang salugune wiwite wong Jawa ninggal agama Buddha banjur salin agama Islam.
* * *
Gancaran basa Jawa ngoko;
Babon asli tinggalane KRT Tandhanagara, Surakarta;
Cap-capan ingkang kaping sekawan, 1959;
Toko Buku “Sadu-Budi” Sala.
* * *

BEBUKA
Sinarkara sarjunireng galih, myat carita dipangiketira, kiyai Kalamwadine, ing nguni anggeguru, puruhita mring Raden Budi, mangesthi amiluta, duta rehing guru, sru sĂȘtya nglampahi dhawah, panggusthine tan mamang ing lair batin, pinindha lir Jawata.

Satuduhe Raden Budi ening, pan ingembun pinusthi ing cipta, sumungkem lair batine, tan etung lebur luluh, pangesthine ing awal akhir, tinarimeng Bathara, sasedyanya kabul, agung nugraheng Hyang Suksma, sinung ilham ing alam sahir myang kabir, dumadya auliya.

Angawruhi sasmiteng Hyang Widdhi, pan biyasa mituhu susetya, mring dhawuh weling gurune, kedah medharken kawruh, karya suka pireneng jalmi, mring sagung ahli sastra, tuladhaning kawruh, kyai Kalamwadi ngarang, sinung aran srat Darmagandhul jinilid, sinung tembang macapat.

Pan katemben amaos kinteki, tembang raras rum seya prasaja, trewaca wijang raose, mring tyas gung kumacelu, yun darbeya miwah nimpeni, pinirit tinuladha, lelepiyanipun, sawusnya winaos tamat, linaksanan tinedhak tinurun sungging, kinarya nglipur manah.

Pan sinambi-sambi jagi panti, saselanira ngupaya tedha, kinarya cagak lenggahe, nggennya dama cinubluk, mung kinarya ngarem-aremi, tarimanireng badan, anganggur ngethekur, ngebun-bun pasihaning Hyang, suprandene tan kaliren wayah siwi, sagotra minulyarja.

Wus pinupus sumendhe ing takdir, pan sumarah kumambang karseng Hyang, ing lokhilmakful tulise, panitranira nuju, ping trilikur ri Tumpak manis, Ruwah Je warsanira, Sancaya kang windu, masa Nem ringkĂȘlnya Aryang, wuku Wukir sangkalanira ing warsi: wuk guna ngesthi Nata [taun Jawa 1830].

DARMAGANDHUL
Ing sawijining dina Darmagandhul matur marang Kalamwadi mangkene “Mau-maune kĂȘpriye dene wong Jawa kok banjur padha ninggal agama Buddha salin agama Islam?”

Wangsulane Ki Kalamwadi: “Aku dhewe iya ora pati ngrĂȘti, nanging aku tau dikandhani guruku, ing mangka guruku kuwi iya kĂȘna dipracaya, nyaritakake purwane wong Jawa padha ninggal agama Buddha banjur salin agama Rasul”.

Ature Darmagandhul: “Banjur kapriye dongengane?”

Ki Kalamwadi banjur ngandika maneh: “Bab iki satĂȘmĂȘne iya prĂȘlu dikandhakake, supaya wong kang ora ngrĂȘti mula-bukane karĂȘben ngrĂȘti”.

Ing jaman kuna nagara Majapahit iku jĂȘnĂȘnge nagara MajalĂȘngka, dene ĂȘnggone jĂȘnĂȘng Majapahit iku, mung kanggo pasĂȘmon, nanging kang durung ngrĂȘti dĂȘdongengane iya Majapahit iku jĂȘnĂȘng sakawit. (1)

Ing nagara MajalĂȘngka kang jumĂȘnĂȘng Nata wĂȘkasan jĂȘjuluk Prabu Brawijaya.

Ing wĂȘktu iku, Sang Prabu lagi kalimput panggalihe, Sang Prabu krama oleh Putri CĂȘmpa, (2) ing mangka Putri CĂȘmpa mau agamane Islam, sajrone lagi sih-sinihan, Sang RĂȘtna tansah matur marang Sang Nata, bab luruhe agama Islam, sabĂȘn marak, ora ana maneh kang diaturake, kajaba mung mulyakake agama Islam, nganti njalari katariking panggalihe Sang Prabu marang agama Islam mau.

Read the rest of this entry »

NgeBloG !

Posted on: May 12, 2008


Lagi-lagi ngeblog ! I feel so bored, ngaskus sepi, bosen, gitu2 aja, ke regional sepi juga. Ngobrol sama temen2 di mirc sampe bosen sendiri bingung mau ngobrolin apa lagi, mau ngerjain bbrp project lagi ga mood otaknya ! akhirnya ngeblog lagi aja, walaupun ada pakar telematika yang bilang kalo ngeblog itu tindakan orang yang kurang kerjaan, yah mau gimana lagi um, daripada bosen malah cari-cari yang negatif, buka bokep malah nambah bikin otak pusing. ini memang bukan blog pertama saya, sudah bbrp kali saya mempunyai blog dan semuanya hilang karena ketidakaktifan saya dalam ngeblog 😀 – apakah blog ini akan bernasib sama dengan blog-blog lain milik saya 😀


About Me

Unknown unordinary creature
 






May 2008
M T W T F S S
    Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Blog Stats

  • 132,537 hits

Your Information

Tracker